Rabu, 06 Juli 2011

Bakpao by Aunty

Ceritanya saya bikin seadanya. Tanpa timbangan tanpa gelas ukur. Beli tepung kunci biru yang 1 kg an, beli gula halus 250gr , baking powder jg botolan.
Sepulang kantor, punya niat kuat . Mumpung lagi ga sholat menjelang magrib pun gpp lah bikin. Cuci tangan , cuci kaki, ambil baskom.
Buka terigu tuang kira kira setengahnya, tuang ragi instan sammbil ngukur pake sendok, Di bungkus raginya kan 11 gr, ternyata 2 sendok, jadi lah buat ngira2 baking powdernya satu sendok (5gr). Tuang sus sachet (karena Cuma 27gr saya tuang semua). Campur di wadah. Kebetulan wadahnya kecil jadi ampir penuh.
Setelah bahan agak2 tercampur rata saya tuangi dengan air 1 gelas setengah kurang. Saya uleni sampai bergumpal gumpal. Setelah itu saya masukkan mentega , ukurannya kira kira juga. Saya beli mentega orchid unsalted, karena males ke toko bahan kue, pas di hypermart nemu nya mentega itu. Ah gpp dah. Saya potong 1/3 nya, karena menteganya 221gr. Saya uleni terus. Dah saya agak kesusahan menguleni, karena tempat kecil, terus menteganya lupa dari kulkas langsung, belum didiamkan biar agak lembek. Menguleni kira2 30 menit baru kalis. 

sebelum di istirahatkan (asal aja baginya) , satu resep jadi 15

Saya comot2 aja buat baginya. Ga ada timbangan sih, jadi ya kira kira aja. Kebetulan jadinya  15 bagian. Saya diamkan 30 menit. Setelah 30 menit saya isi. Buat ngisi saya masih belum bikin isi yang rumit, takut kalau bakpow ga sukses sayang isinya. Pas ke alfamart saya melihat ada gerry pasta coklat (jajanan anak kecil) saya ambil itu deh. 1 buat isi 2 buah. 

Setelah diisi sebelum dikukus
Persiapan dikukus
Matang

Nah pas mau dikukus bingung karena melarnya kok jadi gede gde banget. Ya saya kukus dengan steam it tupi. Dan alasnya pun saya makai kertas bungkus makan. Setelah 20 menit dikukus, saya buka wow... berhasil... tapi pas sudah diangkat agak turun dikit sama bentuknya tidak bagus karena tempat ngembangnya kurang space selama dikukus....

Karena tidak ada dandang gede, makane kurang space buat si bakpow ngembang di kukusan, setelah diangkat bentuk kurang menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar